Home / Kebaya Jadi / Ini Alasan Kenapa Ibu Tidak Begitu Peduli Dengan Penampilannya

Daftar Harga Terbaik

 

Seperti biasa, di pagi hari itu aku duduk santai di teras rumah sambil meminum teh hangat. Suasana pagi yang dingin membuatku betah untuk berlama-lama duduk sendiri.

Selang beberapa menit, tiba-tiba ibu datang menghampiriku dengan kebaya kuning yang terlihat agak usang.

Sambil berkata: “Ndi, tolong nanti cuci beberapa piring di dapur, ibu mau pergi dulu ke rumah bu padmi."

Ibu Padmi, merupakan salah satu tetangga dekat rumahku, beliau katanya akan mengadakan upacara keagamanan dalam waktu yang dekat, jadinya ibu mau kesana untuk sekedar membantu-bantu persiapannya.

Tanpa berpikir panjang, akupun menjawab dengan suara yang agak lemas "iiyaaaa buu!".

Namun entah kenapa, saat itu pandanganku teralihkan ke kebaya kuning ibu yang warnanya agak memudar, dan di bagian pundak bajunya juga terdapat sebuah robekan.

Kebaya itu merupakan satu-satunya dan yang paling sering ibu kenakan saat undangan maupun saat menghadiri kegiatan adat lainnya.

Aku memang tidak pernah melihat ibu membeli kebaya baru sudah sejak lama. Karena ia memang tidak begitu perduli dengan penampilannya.

Saat itu aku juga sempat bertanya-tanya dalam hati. “Kok ibu nampak tidak begitu peduli ya, dengan penampilannya sendiri, padahal dia sangat perhatian dengan penampilan anak-anaknya”.

Sebetulnya ibuku bukanlah sosok yang pelit, setiap melihat salah satu baju anak-anaknya ada yang robek, ia pun selalu berusaha mengumpulkan uang untuk membelikan kami baju yang baru.

Saat itulah aku menyadari bahwa ternyata ia lebih memprioritaskan hasil jerih payahnya untuk penampilan anak-anak kesayangannya, ketimbang dirinya sendiri.

Aku benar-benar merasa iba dan salah saat menyadari hal itu. Seketika saat itu, aku pun sempat berpikir untuk membelikannya sebuah baju kebaya baru.

Namun sebagai anak cowok, tentunya aku kan agak merasa malu bila harus membeli kebaya ke toko secara langsung, hehehe!

Akupun berusaha mencari solusi agar bisa membeli sebuah kebaya tanpa harus pergi langsung ke toko.

Setelah cukup lama berpikir, namun belum juga menemukan solusi yang tepat. Akhirnya aku terbangun dari tempat duduk dan pergi kedapur untuk mencuci piring yang ibu suruh cuci tadi.

Satu per satu piring mulai ku cuci dan gosok dengan busa. Namun pikiranku tetap teralihkan dan terus mencari solusi bagaimana cara membelikan ibu kebaya baru tanpa harus ke toko kebaya.

Sampai semua piring itu habis dicuci, aku masih belum mendapatkan solusi. Akhirnya, aku memilih untuk pergi ke kamar dan berbaring sejenak di atas kasur.

Sambil tidur-tiduran akupun masih tetap memikirkan itu semua. Sampai selang beberapa menit, aku melihat sebuah pantulan cahaya pada tembok.

Akupun terbangun dan segera mengahampirinya. Ohh, itu ternyata hanya sinar dari layar hp yang memberi peringatan bahwa baterai telah terisi penuh.

Aku langsung mencabut kabel chargernya. Lalu segera berbaring lagi di atas kasur sambil membuka instagram, salah satu sosial media yang populer saat ini.

Saat mulai asyik menscroll post demi post. Entah kebetulan atau tidak, aku menemukan gambar kebaya biru laut di bagian feed.

Tanpa berpikir panjang, akupun langsung mengklik gambar tersebut. Baju kebaya itu memang terlihat elegan.

Lalu, aku segera mengecek profil akun dengan nama baliya.id itu. Di halaman profilnya, terdapat berbagai jenis koleksi-koleksi kebaya, dengan warna-warna yang cukup memikat pandangan mata.

Melihat semua model yang elegan itu, aku sempat berpikir “Kebaya dengan tampilan-tampilan secantik ini, mungkin harganya akan sangat mahal”

Dengan tidak sabaran, aku langsung mengklik salah satu gambar kebaya dengan model kartini warna biru laut.

Aku memilih model kartini karena tampilannya sederhana tanpa hiasan payet yang glamour. Aku sangat mengenal ibu orangnya tidak telalu suka tampil wah.

Setelah melihat captionnya, ternyata aku salah. Harganya tidak terlalu begitu mahal hanya Rp 100.000.

Sejujur saat itu, aku hanya punya uang simpanan Rp 500.000, yang aku tabung nanti untuk membeli sebuah konsol game video game.

Namun melihat baju kebaya ibu yang sudah usang, aku benar-benar merasa sangat iba.

Tanpa berpikir panjang, akupun langsung menghubungi nomor kontak 081999114482 yang tersedia di caption gambar, untuk segera memesan.

Karena tempat tinggalku masih seprovinsi dengan si penjual, baju kebaya itupun sudah sampai selang sehari saja.

Setelah barangnya sampai, aku langsung membuka bungkusnya untuk memastikan kualitasnya. Tampilan warna biru lautnya nampak sangat elegan, dengan serat kain yang cukup halus, namun yang paling penting produknya sudah sampai sesuai dengan di gambar.

Walaupun bukan sebuah kebaya yang mahal, aku berharap ibu menyukainya dan mau menggunakan sebagaimana kebaya kuning yang ia sering pakai itu.