Home / Kebaya Jadi / Inspirasi Busana Kebaya Kartini Terlihat Semakin Anggun

Daftar Harga Terbaik

Siapa yang tidak tahu dengan pahlawan wanita Indonesia yang diperingati setiap tanggal 21 april ini? Jangan kamu hanya tahu liburnya saja ya. Tapi kamu harus tahu bahwa hari pada tanggal 21 april adalah peringatan hari lahir Raden Adjeng Kartini dan ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Raden Adjeng Kartini atau disingkat R.A. Kartini merupakan pahlawan Indonesia yang menjunjung asas-asas kemanusiaan dan emansipasi terhadap wanita pribumi pada masanya.

Bisa dikatakan R.A. Kartini merupakan pelopor dari kebangkitan wanita pribumi untuk mendapat hak yang sama seperti layaknya laki-laki.

Misteri dari meninggalnya pahlawan perempuan kita masih belum bisa diketahui secara pasti, namun banyak spekulasi mengatakan R.A. Kartini meninggal karena minum anggur, meninggal pasca melahirkan karena tekanan darah tinggi, serta spekulasi lainnya yang sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti kebenarannya.

Namun hal itu masih menjadi misteri sampai saat ini.

Kita sebagai perempuan Indonesia yang baik hanya bisa mengikuti jejak nasionalisme seperti R.A. Kartini ini, meskipun dengan cara yang berbeda dengan yang dilakukan R.A. Kartini, namun tujuannya masih sama agar bisa memperjuangkan hak-hak kemanusiaan.

R.A. Kartini adalah sosok pahlawan yang tergambar begitu anggun dan terkesan sangat ayu, selain dari parasnya yang cantik dan menawan, R.A. Kartini juga pintar dan bijaksana.

Hal yang paling terlihat dari R.A. Kartini adalah dari segi pakaiannya yang khas, yaitu mengenakan busana kebaya, maka tidak heran busana kebaya hingga sekarang juga masih tetap dikenakan oleh perempuan-perempuan di Indonesia dan menjadikan R.A. Kartini sebagai inspirasi sikapnya dan tentunya gaya berbusana.

Meskipun busana kebaya yang dulu dikenakan oleh kartini masih terlihat begitu polos, namun di jaman sekarang busana kebaya dengan model Kartini ini sudah banyak mengalami modifikasi serta penambahan aksesoris yang unik, namun masih memiliki karakter Kartini yang kental agar terlihat Anggun dan feminim.

Maka tidak heran pada hari peringatan R.A. Kartini banyak wanita Indonesia yang mengenakan kebaya, sebagai bentuk apresiasi kepada beliau.

Namun tahukah kamu bagaimana sih bentuk dari hasil modifikasi busana kebaya dari R.A. Kartini yang sekarang begitu banyak hasil rancangan barunya?

Dari masa-kemasa terus mengalamai perubahan.

Jika kamu ingin tahu, saya sudah menyediakan beberapa model dari desain kebaya Kartini yang mungkin membuat kamu terinspirasi untuk meniru dan membuatnya sendiri.

Inspirasi Kebaya kartini

IG: @ayusintyadewii

kebaya kartini

IG: @ayusintyadewii

Kebaya kartini

image source: baliya.id

Kebaya kartini warna biru

image source: baliya.id


Semoga artikel tentang busana kebaya kartini ini bisa membuat kamu terinspirasi, sekian dan terima kasih.