Home / Sandal Wedges Wanita / Sejarah Lengkap Asal Mula Sandal Jepit di Nusantara

Daftar Harga Terbaik

Hampir setiap orang di dunia pasti mengenal dan pernah menggunakan yang namanya sandal jepit. Alas kaki yang sering dipakai sehari-hari untuk melindungi kaki dari panas jalanan, benda-benda tajam, dan kotoran.

Namun, tahukah anda bahwa penggunaan sandal jepit ini sudah ada sejak jaman dulu lho! Penasaran dengan sejarah sandal di dunia dan nusantara secara lengkap? Yuk, langsung saja simak ulasan dibawah ini!

Keberadaan Sandal Pertama Di Dunia

Ilustrasi Model Sandal Pada Zaman Mesir Kuno
Ilustrasi Model Sandal Pada Zaman Mesir Kuno - sumber: netralnews.com

Menurut sejarah yang sudah beredar, sandal jepit ini diperkirakan sudah ada pada sekitar 4000 tahun sebelum Masehi, tepatnya sejak Zaman Mesir Kuno.

Hal ini diidentifikasi dari salah satu penemuan hireoglif tertua di Mesir, yang memberi sebuah petunjuk mengenai kisah pembuatan sandal.

Di dalam hireoglif ini, menunjukan Raja Menes yang berkuasa pada 3100 sebelum masehi selalu menyertakan pembuat sandal dalam perjalanan kemanapun dia pergi.

Sandal yang dipakai saat itu umumnya terbuat dari kayu, kulit kambing, dan serat tanaman dari papirus (palem).

Di Afrika, orang-orang Masai sebagian besar sudah menggunakan kulit. Sementara di India, sebagian besar menggunakan kayu. Sedangkan di Cina dan Jepan, sudah banyak yang menggunakan bahan jerami.

Seiring berjalannya waktu, hampir sebagian budaya di dunia mulai beralih untuk bahan pembuatan sandal yakni dengan bahan kulit dan karet tekstil.

Mulainya Dikenal Sandal Di Indonesia

Sandal Terompah Kayu
Sandal Terompah Kayu

Untuk di Indonesia sendiri, sejarah sandal masih belum begitu diketahui asal-usulnya secara jelas.

Namun, ada satu versi yang menyebutkan penggunaan sandal sudah dikenal sejak jaman kerajaan Tarumanegara di Bogor sekitar pada abad ke-7 masehi.

Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan batu tulis yang berisi tulisan (prasasti) dan telapak kaki raja.

Telapak kaki inilah ditafsirkan sebagai cetakan untuk pembuatan sandal raja. Namun, tidak ada keterangan di batu apakah sandal ini memang dibuat untuk raja atau tidak.

Penggunaan Sandal Modern Pada Masa Setelah Perang Dunia II

Sandal Jepit Alas Kayu Modis dan Elegan
Sandal Jepit Alas Kayu Modis dan Elegan

Setelah perang dunia II berakhir, penggunaan sandal jepit semakin populer di Amerika Serikat yang tentunya sudah menggunakan model modern. Sandal ini berasal dari Zori (Jepang) yang dibawa oleh para tentara ke Amerika.

Lalu, orang-orang di Amerika mulai mendesain sandal jepit dengan warna dan pola motif yang lebih cerah untuk dikenakan sehari-hari.

Dan, sandal-sandal ini mulai menjadi bagian gaya hidup pantai kasual dari orang-orang di Daerah California pada tahun 1960-an. Pada saat itu juga sandal mulai terbesar luas ke satu negara ke negara lainnya.

Oke, itulah ulasan singkat mengenai sejarah sandal di Dunia dan Nusantara. Gimana? Sudah tahu mengenai asal-usul dari alas kaki ini?

Semoga ulasan ini bermanfaat!