Home / Kebaya Jadi / Tips Nyaman Dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri Ketika Mengenakan Kebaya

Tips Nyaman Dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri Ketika Mengenakan Kebaya

Pada saat acara adat maupun keagamaan tidak jarang para wanita indonesia mengenakan kebaya sebagai pakaian yang cocok untuk dikenakan.

Kenapa kebanyakan wanita memilih kebaya?

Karena memang busana kebaya adalah busana yang menampilkan sisi wanita yang ke Indonesiaan, yang seakan membuat wanita yang mengenakannya mengeluarkan aura keanggunan dan terlihat lebih santun.

Biasanya kebaya dipakai pada saat resepsi pernikahan, wisuda, upacara adat, maupun upacara adat lainnya.

Namun seiring waktu kamu mengenakan busana kebaya, pernahkan kamu merasakan rasa tidak nyaman pada saat mengenakannya?

Mungkin kalau kamu pernah merasakannya, pasti ada yang salah dalam pemilihan pakaian kebaya kamu, baik dari segi bentuk tubuh yang tidak cocok dengan ukuran kebayanya, atau bahan dari kain kebaya kamu yang memiliki kualitas rendah.

Maka kamu bisa menyimak tips-tips berikut ini agar disaat kamu mengenakan kebaya sehingga bisa merasakan kenyamanan ekstra dan membuat kamu menjadi lebih percaya diri.

Pastinya kamu yang ingin mengenakan kebaya, pasti ingin tampil secara maksimal dan terlihat elegan, namun apa gunanya kalau terlihat elegan, tapi kamu yang mengenakannya merasa tidak nyaman, nggak asik kan kalau gitu.

Maka dari itu sebelum memutuskan untuk membeli kebaya atau membuat kebaya baru, saya sarankan untuk menyimak beberapa tips yang ingin saya bagikan ke kamu, agar tidak ada lagi yang namanya rasa tidak nyaman.

Atau dusta diantara kita, ciah.

1. Pemilihan model kebaya yang disukai

Yang pertama adalah memilih model kebaya apa yang kamu sukai, pastinya sesuai dengan selera kamu masing-masing ya, pastikan ketika kamu memilih model kebaya, carilah yang cocok dengan ukuran tubuh kamu.

Sehingga akan menyamarkan kekurangan yang kamu miliki, seperti tubuh yang terlihat kurus, agak berisi, mungil dan yang lainnya, semua itu bisa diakali dengan pemilihan model kebaya yang tepat sesuai bentuk tubuh kamu.

Nantinya ketika kamu mendapatkan model yang kamu inginkan dan sesuai dengan bentuk tubuh, bukan tidak mungkin akan membuat rasa percaya diri kamu meningkat dan membangkitkan aura positif kamu.

Namun jika kamu masih bingung juga dengan model yang sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu bisa konsultasi dengan orang yang sudah ahli dengan urusan perkebayaan alias desainer ataupun penjahit kebaya yang kamu percayai untuk memilihkan model kebaya apa yang sesuai dengan bentuk tubuh kamu.

Itu saja sih.

2. Pastikan sesuai dengan ukuran tubuh

Yang Kedua adalah pilihlah kebaya yang sesuai dengan ukuran tubuh, agar kamu merasa nyaman mengenakan kebaya berlama-lama, pilihlah kebaya dengan ukuran yang pas.

Jangan terlalu kecil, karena pastinya kamu akan merasa tercekik, bisa dibagian dada atau perut yang terasa sesak.

Jadi sebelum menjahit ataupun membeli kebaya jadi, pilih dan cari yang pas ya.

kebaya yang sesusia dengan ukuran tubuh

IG: @sntyadewi

Sama juga dengan dalamannya atau sering disebut sebagai trayemnya, jangan memilih yang terlalu sempit juga, trayem tersebut juga bisa mencekik bagian dada dan perut kamu, meskipun akan terlihat menonjol dan seksi, kamu akan merasakan sesak, jika menggunakannya dalam waktu yang lama.

Dan jangan juga terlalu besar dengan ukuran tubuh, kalau memilih kebaya yang terlalu besar, kamu nggak mau kan terlihat seperti orang-orangan sawah yang dipakaikan baju kebesaran, maka perhatikan dengan betul ukuran kebaya yang sesusai dengan tubuh kamu ya.

Yang pas itu jauh lebih baik ketimbang yang sempit maupun yang kebesaran, okey.

3. Pemilihan bahan kebaya yang cocok dan nyaman

Setelah memilih model kebaya yang disukai dan ukuran sudah sesuai dengan bentuk tubuh kamu.

Yang ketiga adalah dari segi pemilihan bahan yang cocok dengan tubuh kamu atau yang tepatnya dengan kulit kamu.

Kenapa harus cocok dengan kulit?

Karena jenis kulit orang itu berbeda-beda, ada yang sensitif dengan bahan-bahan kebaya tertentu, yang mungkin akan menyebabkan gatal-gatal, iritasi, ataupun panas berlebih, jadi pilihlah jenis bahan yang berkualitas tinggi dan memberikan rasa nyaman yang baik ketika kamu ingin mengenakannya.

Mungkin kamu yang memakai kain brokat dengan kualitas benang rendah bisa saja kulit kamu akan iritasi karena bergesakan dengan benang-benang yang tajam dan membuat kulit kamu memerah.

Maka pilihlah bahan dengan kualitas terjamin dan pastinya lembut dan sejuk saat digunakan.

4. Menggunakan aksesoris kebaya yang tepat

Mungkin dari kamu yang pada saat mengenakan kebaya kurang lengkap rasanya kalau tanpa menggunakan aksesoris pemanis.

Untuk kamu yang menggunkan aksesoris pada kebaya, gunakanlah aksesoris seperti bros yang tidak terlalu ramai atau berlebihan, karena kamu akan terlihat glamor.

Gunakanlah bros yang simple namun tetap terlihat elegan seperti yang diselipkan pada kebaya diantara kedua dada kamu.

Kebaya dengan bros diantara dada

IG: @desi.ratnad

Maka kamu akan terlihat lebih cantik dan menawan dan membuat kamu lebih percaya diri dan merasa nyaman.

Kalau kamu menggunkan aksesoris berlebih seperti kalung yang besar serta bros atau pernak-pernik lainnya yang berlebihan, mungkin pakaian yang kamu kenakan akan menjadi lebih berat, dan akan membuat kamu kurang nyaman menggunakannya.

Tapi itu semua tergantung selera kamu, hanya sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu ya.

Semoga artikel ini bermanfaat

Jika kamu suka dengan artikel seperti ini, kamu bisa bagikan ke temen-temen kamu ya.

Terima kasih.