Home / Kebaya Jadi / 4 Tips Merawat Kebaya Agar Awet Dan Selalu Terlihat Baru

Daftar Harga Terbaik

Kebaya memang pakaian tradisional khas yang hampir semua perempuan di indonesia memilikinya.

Kebaya banyak menjadi pilihan busana ketika menghadiri acara-acara formal seperti resepsi pernikahan, wisuda, hari raya, upacara adat, maupun acara-acara resmi lainnya.

Kebaya adalah salah satu busana zaman dahulu yang hingga saat ini masih eksis dan banyak dipakai oleh perempuan di indonesia.

Pastinya kebaya yang dari zaman dulu memiliki perbedaan yang signifikan dengan kebaya modern saat ini, berbeda dari segi bahan, motif, bentuk, aksesoris, dan segi yang lainnya.

Dari zamannya aja beda, ya jelas beda kan?

Kalau kebaya yang dulu kesan yang ditimbulkan masih sangat simple karena sedikit akan hiasan atau pernak-perniknya atau bisa dikatakan nggak ada hiasan.

Namun kebaya modern saat ini sudah begitu beragam dan menarik karena motif dan bentuknya yang elegan serta memiliki banyak pernak-pernik seperti payet atau manik-manik yang menambah nilai estetika dari busana kebaya tersebut.

Nah bagi kamu yang memiliki kebaya yang bagus dan memiliki banyak pernak-perniknya pasti membutuhkan perawatan ekstra agar busana kebaya kamu tetap awet kan?

Disini saya akan memberikan kamu beberapa tips cara merawat kebaya agar kualitasnya tetap terjaga.

Mulai dari cara mencuci, cara menjemurnya, cara menyeterika, hingga cara menyimpannya.

Perawatan kebaya pun khusus tergantung dari jenis bahan kebaya yang kamu miliki. Apakah berbahan sutra, katun, satin, atau yang lainnya.

Jadi ketahuilah dulu bahannya, sebelum melakukan perawatan ya.

Okey sekarang kita masuk ke topik pembahasan jika kamu sudah tahu bahan dari kebaya kamu itu.

1. Cara mencuci yang benar.

Yang pertama adalah cara mencucinya, namun jika kebaya kamu tidak kotor maupun tidak ada noda serta keringat yang berlebihan, kamu tidak perlu mencucinya.

Cukup dengan cara diangin-anginkan saja. Ketika sudah kering baru disimpan di lemari pakaian lagi.

Namun jika kebaya yang kamu gunakan sudah dalam keadaan kotor akibat noda ataupun keringat, kamu harus mencucinya.

Cara mencuci kebaya

image source: pinterest.com

Namun ingat cara mencucinya juga harus benar, karena bahan kebaya yang dominan tipis, tidak disarankan untuk mencuci busana kebaya di mesin pencuci, karena dapat merusak serat kain kebaya kamu.

Maka cucilah dengan cara manual yaitu disikat sendiri.
Kamu juga perlu memperhatikan pemilihan deterjen yang akan kamu gunakan saat mencuci.

Jika kamu ingin menggunakan deterjen untuk mencuci.

Sebisa mungkin jangan menggunakan deterjen yang mengandung pemutih ya.

Karena seperti yang kamu tahu kalau pemutih akan menyebabkan warna dari kain kebaya kamu akan cepat luntur atau parahnya lagi bisa memudar.

Jadi perhatikan deterjen yang cocok untuk kebaya kamu.

Hindari juga menggunakan bahan pelembut pakaian saat mencuci kebaya, khususnya pelembut pakaian yang mengandung wax, karena bisa menyebabkan serat kain kebaya kamu rusak.

Di saat mencuci secara manual, hindari meremas pakaian terlalu keras, remaslah secara lembut saja. Agar kebaya kamu tidak kusut.

Setelah itu bilaslah seperti biasa dengan alir mengalir sampai sisa deterjen yang tadi hilang.

Gampang kan?

2. Cara Menjemur Busana Kebaya

Yang kedua adalah cara menjemur pakaian.

Seperti yang kamu ketahui kebanyakan kebaya dominan berbahan tipis atau ada lubang-lubangnya seperti kain kebaya brokat.

cara menjemur busana kebaya

image source: teropongku.com

Jadi untuk mengeringkan sebuah baju kebaya tidak membutuhkan waktu yang lama.

Khusus untuk kebaya yang sensitif seperti berbahan lace atau tulle, hindari menjemurnya langsung terkena paparan sinar matahari, cara mengeringkannya cukup digantung dan diangin-anginkan saja, karena kebaya lace ini berbahan tipis, pasti akan cepat kering.

Namun untuk kamu yang ingin menjemur kebaya usahakan bagian luarnya berada di dalam, atau dibalik pada saat menjemurnya.

3. Cara Menyetrika Kebaya

Kemudian untuk cara menyetrika kebaya, menyetrika pakaian biasa memang gampang, namun berbeda hal jika kamu menyeterika kebaya, karena kebaya kebanyakan berbahan tipis, maka dari itu disaat menyeterika kebaya kamu harus melapisi selembar kain diatasnya agar kebaya kamu tidak langsung terkena panas dari setrika.

Cara menyeterika kebaya

image source: hello-pet.com

Agar serat dari kain kebaya kamu tidak rusak maupun kusut nantinya.

Usahakan menyeterikanya menggunakan suhu yang rendah, jangan terlalu panas.


4. Cara menyimpan Kebaya

Kemudian untuk tips yang terakhir yaitu cara menyimpan kebaya adalah sesuai lagi dengan bahan dan detail pada kebaya kamu.

Karena kebaya itu sangat beragam, contohnya kebaya yang polos itu tidak memerlukan cara penyimpanan yang khusus cukup gantung saja di lemari atau dilipat dengan rapi.

Cara menyimpan pakaian kebaya yang benar

image source: rumahoscarliving.com

Namun berbeda cerita dengan kebaya yang banyak aksesorisnya seperti berisi payet atau manik-manik kamu cukup menggantunnya saja pada hanger di lemari kamu, agar nantinya kebaya kamu yang memiliki payet itu tidak berubah bentuk jika dilipat.

Itulah 4 tips untuk merawat busana kebaya kamu agar tetap awet dan terlihat baru, pastinya gampang untuk diikuti kan?

Jika kamu suka artikel seperti ini, kamu bisa bagikan ke temen-temen kamu ya.

Agar wawasan mereka juga ikut bertambah.

semoga bermanfaat.