Home / Endek Bali / 5 Cara Merawat Kain Endek Agar Awet dan Tidak Cepat Pudar

Daftar Harga Terbaik

Kain endek atau juga dikenal sebagai tenun ikat merupakan sebuah hasil karya seni terapan di Bali.

Saat ini, kain endek ini sering diaplikasikan sebagai bawahan kebaya dan juga bahkan digunakan sebagai bahan baju seragam.

Umumnya kain endek dibuat dengan menggunakan bahan-bahan pewarna yang alami. Sehingga sangat memerlukan perlakuan khusus untuk perawatannya agar tetap awet dan tidak cepat pudar. 

Bagi anda yang masih bingung mengenai bagaimana Cara Merawat Kain Endek yang baik dan benar. Yuks! Simak berapa tips di bawah ini!

1. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Jangan Terlalu Sering Dicuci
Jangan Terlalu Sering Dicuci

Karena kain endek ini masih terbuat dari bahan-bahan pewarna alami. Tentunya warna dari kain akan cepat memudar dan luntur bila anda mencucinya terlalau sering.

2. Hindari Penggunaan Deterjen

Hindari Penggunaan Deterjen
Hindari Penggunaan Deterjen

Bila anda hendak mencuci kain tenun ini, sebaiknya hindari penggunaan deterjen. Sebab deterjen dapat membuat warna kain cepat memudar.

Anda hanya perlu cukup mencelup-celupkannya di dalam air sambil mengucek-uceknya dengan tangan secara lembut bila hendak mencuci.

3. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Hindari Sinar Matahari
Hindari Sinar Matahari

Untuk membuat kain endek anda agar tetap awet. Hindarilah sinar matahari secara langsung saat hendak menjemur. Sinar matahari dapat menurunkan ketajaman warna dan coraknya.

Cukup diangin-anginkan atau digantung di ruangan terbuka untuk membuatnya kering.

4. Hindari suhu yang terlalu panas saat menyeterika

Menyeterika dengan alas
Menyeterika dengan alas

Ketika anda ingin menyetrika kain endek ini, hindari menyeterika dengan suhu yang terlalu panas. Dan sebaiknya seterikan di bagian dalamnya saja, agar warna tampilan luarnya tetap terjaga.

Namun, bila anda ingin menyetrika di bagian luar. Aplikasikan sebuah alas tipis di atas kain, agar tidak bersentuhan langsung dengan kain.

5. Simpanlah Dengan Cara Yang Tepat

Simpan Dengan Cara yang Tepat
Simpan Dengan Cara yang Tepat

Jika endek anda masih berupa kain, sebaiknya simpan kain dengan cara digulung agar tidak lecek. Setelah digulung, anda bisa membungkusnya dengan kain yang lembut ketika akan disimpan di lemari.

Namun bila kain endek anda sudah berupa baju, gantunglah pakian dengan hanger dan simpanlah dilemari. Agar terhindar dari ngengat dan kutu, jangan lupa untuk menaruh beberapa kamper di dalam lemari.

Itulah beberapa cara merawat kain endek Bali dari Baliya. Bagaimana? Sangat mudah kan?

Semoga Bermanfaat!