7 Langkah Memilih Seragam Kebaya Keluarga Untuk Pernikahan dan Wisuda

7 Langkah Memilih Seragam Kebaya Keluarga Untuk Pernikahan dan Wisuda

09 Maret 2019
10 Review

Ketika akan menghadiri acara pernikahan atau wisuda, tentunya terkadang melibatkan kehadiran hampir seluruh pihak keluarga.

 

Dalam hal ini, mungkin anda akan dibingungkan ketika memilih seragam kebaya yang tepat untuk keluarga anda.

 

Penggunaan seragam kebaya keluarga memang sangat penting untuk sebuah acara penting seperti wisuda atau pernikahan, karena pemilihan seragam yang tepat akan mencerminkan kekompakan dari keluarga anda.

 

Selain itu, tujuan penggunaan seragam keluarga tersebut bertujuan agar pihak keluarga anda dapat terlihat berbeda dengan tamu-tamu yang lainnya.

 

Sehingga dapat mudah dikenali bila mencari mereka walapun dikeramaian, itu sangat membantu khususnya di acara pernikahan.

 

Jadi, dalam memilih seragam yang tepat itu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda sangat memerlukan beberapa langkah-langkah yang tepat.

 

Bila anda sedang kebingungan di dalam memilih seragam keluarga yang sesuai. Anda bisa menyimak tips atau langkah memilih seragam kebaya dari BALIYA dibawah ini!

 

Tips Memilih Seragam Kebaya Keluarga 

 

1. Ketahui kapan waktu acara

Kebaya Bali Modern
Kebaya Bali Modern

Langkah pertama tentunya anda harus tahu kapan acara tersebut diadakan! Apakah dalam jarak waktu yang dekat seperti beberapa hari atau minggu kedepan.

 

Atau mungkin masih memiliki cukup banyak waktu sebagaimana beberapa bulan kedepan.

 

Dengan mengetahui kapan waktu acara yang akan diadakan ini sangat bermanfaat untuk anda didalam mengambil keputusan berikutnya.

 

Jadi, anda sebaiknya mengetahui dulu kapan waktu dari acara tersebut, anda dapat membicarakan itu dengan keluarga anda sebelumnya, agar tidak mempunyai kesalahan di dalam mengambil langkah selanjutnya.

 

2. Memilih jenis seragam jadi atau bahan

Kebaya Bahan
Kebaya Bahan

Setelah tau kapan waktu dari acara tersebut, kini saatnya anda memilih bahan seragam yang akan dibeli.

 

Apakah dengan bahan seragam kebaya yang sudah jadi atau masih dalam berupa kain bahan!

 

Dalam menentukan ini, tentunya anda harus melihat lagi kapan acara tersebut diadakan.

 

Bila acara tersebut akan diadakan dengan segera atau dengan waktu cukup terburu. Pemilihan seragam kebaya jadi sangat direkomendasikan untuk anda.

 

Dengan seragam yang sudah jadi, tentunya anda tidak perlu lagi mencari sebuah jasa tukang jahit untuk melakukan pengukuran dan ataupun menunggu proses penjahitan.

 

Namun, jika anda memilih sebaliknya seragam berupa kain untuk acara yang akan diadakan dengan waktu yang cukup dekat.

 

Itu sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan layanan tukang jahitan yang anda akan gunakan bisa menyelesaikan itu di dalam waktu yang sudah dekat. Jika tidak, sebaiknya, anda memilih seragam jadi saja!

 

Sebaliknya, jika anda masih mempunyai cukup banyak waktu. Anda dapat memilih seragam kebaya yang masih berupa bahan kain.

 

Ada beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan ketika memilih kebaya dengan kain bahan, diantaranya: anda dapat dengan bebas menentukan ukuran dari kebaya tersebut.

 

Tentunya keluarga akan dapat tampil ideal dengan ukuran kebayanya masing-masing.

 

Sebelum mendapatkan itu semuanya, anda tentunya harus membawa bahan kebaya tersebut ke tukang jahit untuk proses pengukuran dan penjahitan. Ini mungkin akan memerlukan sedikit waktu yang lebih lama.

 

Maka dari itu, pemilihan kebaya bahan hanya direkomendasikan untuk anda yang masih memiliki waktu yang cukup banyak.

 

3. Tentukan model seragam kebaya

Seragam Kebaya Bali Modern
Seragam Kebaya Bali Modern

Setelah pemilihan seragam jadi atau mungkin berupa bahan kain. Kini saatnya anda, menentukan model kebaya yang akan dipakai. Di Indonesia sendiri, ada banyak model kebaya yang bisa anda pilih diantaranya: Kebaya Jawa Kuno, Kebaya Solo, ataupun Kutu Baru.

 

Bila anda ingin tampil lebih berbeda, anda juga dapat memilih kebaya Bali Modern. Jenis kebaya ini sangat populer sekarang, karena kebaya ini memiliki tampilan yang lebih modis dengan warna yang bervariasi.

 

Diantaranya: merah, kuning, putih, abu-abu, ungu, pink, orange, dan masih banyak lagi. Bila anda penasaran, anda dapat mencari model kebaya Bali modern di baliya.id.

 

Di dalam menentukan model seragam kebaya yang akan dipilih, tentunya anda tidak boleh memutuskannya sendiri.

 

Sebaiknya ajaklah beberapa anggota keluarga anda juga ikut terlibat di dalam pemilihan, agar tidak ada yang merasa kecewa dengan seragam kebaya yang akan dipilih nantinya.

 

Sehingga, ketika hari H tiba semuanya tetap kompak mau mengenakan seragam yang anda pilih.

 

4. Tentukan warna seragam kebaya keluarga

Kebaya jadi Khas Bali Warna Tembaga
Kebaya jadi Khas Bali Warna Tembaga

Ketika anda dan keluarga sudah bulat dengan keputusan model kebaya yang akan dipilih, kini saatnya di pemilihan warna kebaya yang akan digunakan.

 

Di dalam penentuan warna, anda juga sebaiknya melibatkan beberapa dari anggota keluarga. Ada banyak pilihan warna kebaya yang bisa anda pilih untuk saat ini.

 

Namun anda sebaiknya memilih warna yang tepat berdasarkan waktu pemakaiannya, berikut sedikit ulasannya!

 

  • Acara di siang atau pagi hari

Untuk rentan waktu ini, sangat disarankan untuk menghindari warna-warna yang terlalu kontras, seperti: warna kuning, putih, orange.

 

Warna-warna ini akan sangat bertabrakan dengan silau sinar matahari, hal ini akan membuat warna kebaya anda tidak mecolok atau akan terlihat biasa-biasa saja.

 

Warna-warna yang disarankan yakni warna yang soft, seperti: cokelat, cream, biru lembut dan abu-abu. Warna-warna ini akan tetap terpancar walaupun di sinar matahari.

 

  • Acara di malam hari

Sebaliknya, jika anda akan menghadiri acara di malam hari. Pemilihan warna yang cerah sangat disarankan disini, salah satu warna kebaya cerah yang populer disini yaitu: warna emas.

 

Warna cerah ini sangat cocok untuk mendapatkan kesan yang elegan dan cantik di penampilan keluarga anda.

 

Selain itu, warna cerah-cerah ini sangat cocok untuk warna-warna kulit sawo matang khususnya di malam hari.

 

Dengan pemakaian kebaya warna cerah ini tentunya akan menjadikan anda semakin memikat dan sebagai pusat perhatian diacara pesta.

 

  • Acara yang formal atau resmi

Bila acara yang ingin anda hadiri merupakan acara yang sangat formal seperti: wisuda. Warna yang sangat direkomendasikan adalah warna-warna yang agak berkesan gelap, seperti: hitam dan merah maroon.

 

Warna-warna ini menampilkan kesan yang sangat tegas dan professional di penampilan anda.

 

5. Putuskan siapa saja yang akan mengenakan seragam tersebut

Kebaya Bali Modern dan Modis
Kebaya Bali Modern dan Modis

Langkah selanjutnya, ialah menentukan siapa saja yang akan mengenakan seragam kebaya tersebut. Dalam hal ini anda sebaiknya menghitung dulu anggota keluarga yang akan memakai seragam tersebut.

 

Bila acara yang akan anda hadiri adalah wisuda, itu tidak memerlukan jumlah seragam yang terlalu banyak. Umumnya itu hanya termasuk keluarga inti anda dan mungkin beberapa orang terdekat anda.

 

Sebaliknya, jika acara yang akan anda hadirkan ialah acara pernikahan. Tentunya itu akan melibatkan lebih banyak orang di keluarga anda, mulai dari keluarga inti dan sepupu atau saudara-saudara dari orang tua anda.

 

6. Lakukan survey ke beberapa toko

Model Kebaya Full Payet
Model Kebaya Full Payet

Ketika anda sudah selesai menentukan bahan, warna, model, dan seragam yang akan digunakan. Kini saatnya untuk melalukan survey ke toko-toko untuk menentukan dimana anda akan membeli kebaya tersebut.

 

Setiap toko mungkin memiliki penawaran dan produk yang berbeda-beda. Untuk menemukan yang tepat, anda sebaiknya melakukan survey ke banyak toko-toko, agar mendapatkan daftar pilihan yang lebih banyak.

 

Di era internet, anda bisa dengan mudah mencari rekomendasi tempat-tempat yang sesuai untuk mencari seragam kebaya yang tepat. Anda bisa mencari referensi dari sebuah ulasan dalam blog-blog pribadi.

 

Bila anda masih kesulitan untuk menemukan tempat-tempat yang tepat, anda sebaiknya bertanya ke orang-orang terdekat atau mungkin teman-teman anda yang sudah berpengalaman mencari seragam-seragam kebaya.

 

Di dalam mencari rekomendasi toko atau tempat ini, pastikan anda tidak terlalu banyak mencari saran, agar anda tidak mengalami banyak kebingungan ketika menentukan satu yang tepat.

 

7. Bandingkan harga, penawaran, dan kualitas

Kebaya Bahan Semi prancis
Kebaya Bahan Semi prancis

Setelah mempunyai beberapa daftar rekomendasi toko, langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah membandingkan harga dan penawaran dari beberapa nama toko-toko tersebut.

 

Anda diwajibkan untuk mengeliminasi satu persatu nama toko tersebut hingga mendapatkan salah satu nama toko yang akan dipilih.

 

Dalam hal ini, anda sebaiknya tidak selalu menjadikan harga yang terjangkau sebagai patokan untuk memilih. Pastikan juga anda memilih berdasarkan kualitas yang ditawarkan oleh si penjual.

 

Ketika anda membeli sebuah seragam untuk keluarga yang berjumlah lebih dari dua. Biasanya, anda akan mendapatkan potongan harga dari diskon yang besar.

 

Oleh karena itu, anda di wajibkan untuk melakukan pembelian di dalam satu toko saja jika ingin mengeluarkan lebih sedikit uang.

 

Hal Yang Perlu Anda Ingat

 

1. Saran atau keinginan khusus dari orang tua

Dalam memilih seragam kebaya keluarga ini, hal yang tidak anda boleh lupakan, yaitu: pendapat dari pihak keluarga anda.

 

Sangat disarankan untuk anda yang selalu melibatkan seluruh anggota dari keluarga anda dalam setiap diskusi anda.

 

Khususnya para orang tua, mereka biasanya memiliki keinginan - keinginan khusus mengenai seragam yang akan dipakai oleh keluarga khususnya di acara pernikahan.

 

Sebagai anak mereka, ada baiknya anda senantiasa untuk mendengarkan pendapat-pendapat ataupun saran yang mereka diberikan oleh mereka ketika pemilihan seragam ini.

 

Bila ada beberapa hal-hal yang kurang anda setujui, usahakan jangan langsung menolak saran mereka secara mentah - mentah.

 

Sebaiknya anda mengajak mereka berdiskusi, dan sampaikan saran penolakan secara halus dan dengan alasan yang jelas di sana.

 

Jika mereka masih menolak saran yang anda berikan, sebaiknya anda mengalah. Karena setiap keinginan atau saran yang diberikan oleh orang tua itu tentunya demi anaknya.

 

2. Hindari mengajak terlalu banyak orang ketika hendak pergi ke toko

Selain saran dari orang tua, ada satu hal lagi yang harus anda ingat. Hindari mengajak banyak orang ketika hendak pergi ke toko dimana anda akan membeli seragam tersebut.

 

Cukup ajak beberapa dari anggota keluarga yang anda percaya memiliki prinsip yang kuat. Karena, bila anda mengajak banyak orang pergi ke toko, dikhawatirkan semuanya akan memiliki pendapat yang berbeda-beda.

 

Beberapa dari mereka mungkin akan mempunyai pendapat-pendapat yang baru setelah melihat lebih banyak pilihan di toko tersebut.

 

Hal ini justru akan membuat pilihan yang anda buat akan menjadi berantakan dan mungkin harus mengulang di dalam pemilihan seragam kebaya tersebut.

 

Setelah membaca langkah-langkah tersebut, apakah anda sudah tau harus memulai dari mana?

 

Atau mungkin anda tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan survey harga ke beberapa toko-toko. Anda bisa cek harga kebaya seragam dari Baliya.Id

 

Semoga bermanfaat!!

Give Ratting

bali CW

..

Find Me On :

0 Komentar

<$ng row.user.status $ng>

<$ng row.user.name $ng>

<$ng row.message $ng>
balas
<$ng item.user.status $ng>

<$ng item.user.name $ng>

<$ng item.message $ng>
balas
Loading......

Produk Terkait