Cara Membersihkan dan Merawat Kain Tenun Kesayangan

Cara Membersihkan dan Merawat Kain Tenun Kesayangan

21 Maret 2018
10 Review

Mungkin dari anda banyak yang bertanya-tanya, bagaimana sih caranya untuk merawat kain tenun yang dimiliki? tidak seperti kain tekstil biasa, kain tenun contohnya kain songket dan kain endek yang original pasti perlunya perawatan ekstra yang harus dilakukan, agar warna serta kualitas dari kain tenun anda masih tetap utuh seperti kondisi awal membeli, minimal warnanya masih tetap sama dan tidak pudar.

Beruntung anda karena sudah berkunjung ke situs ini, disini penulis akan membahas bagaimana tips dan trik cara merawat kain tenun kesayangan anda, yang mungkin harganya setara smartphone baru, karena mungkin kain tenun yang original dan unik berharga mahal dan bisa dijadikan investasi karena memiliki filosofi yang mendalam yang tergambar dari motif yang terlihat di kain tenun tersebut.

Langsung saja ke topik pembahasan, berikut cara merawat kain tenun yang baik :

Sebisa mungkin untuk tidak mencuci kain tenun anda, tapi dalam keadaan tertentu mungkin kain tenun anda terkena noda makanan atau noda yang lain sebagainya. Kalau kain tenun anda terkena noda yang masih dalam keadaan standar atau nodanya tidak begitu banyak, maka siapkan air, kemudian kain lap, caranya basahi kain lap tersebut dengan air, kemudian usapkan ke kain tenun yang terkena noda tersebut, sampai noda menghilang dan bersih.

Itu untuk noda standar, bagaimana kalau nodanya banyak? ya pastinya memerlukan perlakuan yang berbeda pula dengan cara yang pertama. Caranya adalah dengan mencelupkan kain anda ke wadah air secara berulang-ulang, hingga noda tersebut luntur, namun jika noda masih tetap menempel maka sikatlah kain tersebut dengan lembut, agar nantinya benang-benang tenunnya masih pada posisinya. Peringatan, jangan pernah menggunakan deterjen dalam mencuci kain tenun, kenapa?

Karena kalau menggunakan deterjen, warna kain tenunan bisa saja luntur akibat deterjen tersebut. Dan jangan pula menggunakan pemutih untuk membersihkan noda, deterjen saja tidak boleh, apalagi pemutih, dari yang berkeinginan menghilangkan noda saja, malah warna motifnya juga hilang, kan menjengkelkan pastinya.

Setelah melakukan tahapan pencucian, selanjutnya adalah tahap pengeringan kain tenun tersebut, bisa dilakukan dengan cara menggunakan dry cleaning, atau menjemurnya. Peringatan, kalau anda ingin menjemurnya, jangan pernah menjemur kain tenun langsung terpapar oleh sinar matahari langsung, hal itu juga bisa membuat warna pada kain tenun memudar.

Jika kain tenun anda sudah kering maka simpanlah dengan baik, untuk cara meletakannya jangan dilipat seperti pakaian, melainkan digulung seperti karpet, atau menggantunnya secara terlentang, kalau anda meletakannya di dalam lemari pakaian, maka letakanlah kapur barus, selain kapur barus yang berfungsi sebagai pengharum, juga bisa menghambat pertumbuhan jamur, jika ruangan anda dalam keadaan lembab, karena sirkulasi udara yang buruk dan jarang terkena sinar.

Itulah tips dan trik cara membersihkan dan merawat kain tenun kesayangan anda, yang mudah untuk diterapkan ke kain tenun kesayangan anda, jadi kain tenun anda akan selalu terlihat seperti baru. sekian pembahasan cara merawat kain tenun ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

Give Ratting

0 Komentar

<$ng row.user.status $ng>

<$ng row.user.name $ng>

<$ng row.message $ng>
balas
<$ng item.user.status $ng>

<$ng item.user.name $ng>

<$ng item.message $ng>
balas
Loading......

Produk Terkait